Wednesday, May 15, 2013

Thufail Al Ghifari -Jakarta, ID Hip Hop




Voa-Khilafah.tk - Muhammad Thufail Al Ghifari adalah salah satu rapper yang cukup dikenal di komunitas hiphop local dan nasyid indonesia. Kedua albumnya sudah memberi warna tersendiri dalam perjalanan eksistensinya. Walau aransemen music di album Syair Perang Panjang sempat mendapat banyak cercaan dari komunitas hiphopindo, ditambah syair – syair islam yang tajam, tegas dan sangat agresif membuat Thufail sering dicap rapper islam garis keras bahkan hingga saat ini masih banyak yang memberikan penilaian tersebut.


Namun dibalik semua pro kontra itu, Thufail Al Ghifari ternyata mampu membuktikan ketangguhan prinsip dan idealisnya. Tidak sedikit orang – orang yang terinspirasi dengan lagu -lagunya, bahkan memilih hijrah membela islam karena terinspirasi oleh lagu-lagu Thufail Al-Ghifari.



Thufail Al Ghifari terlahir dari pasangan Pendeta, masuk islam tahun 2002 setelah melewati proses pemikiran dan pencarian jati diri yang panjang. Jiwa musiknya merupakan warisan dari sang ayah yang juga mampu memainkan semua jenis alat music dari gitar, bas, piano, keyboard hingga drum. Thufail pertama kali membuat band dengan nama Rafflesia di kelas 2 SMP. Rafflesia memainkan lagu – lagu dari Godbless, Kantata Takwa, Slank, Boomerang, Jamrud hingga Iwan Fals. Setelah lulus dari SMP Negeri 3 Bekasi, Rafflesia bubar.


Silviana Aeni mengatakan dalam blognya, "pertama kali aku tau lagunya dikasih sama temen. Abis itu ketagihan searching all about that. Walaupun dikemas dalam musik rap yang mungkin selama ini identik dengan musik hura-hura dengan lyric yg kasar, tapi dengerin lagu2nya Thufail Al Ghifari ini cukup ampuh membakar semangat jihad" :)
Seperti petikan syairnya di lagu Surat Untuk Ibu, yang memang merupakan kisah nyata dari profil Thufail sendiri:
“Tapi jalan hidup adalah nuansa
Nuansa yang ingin kujawab dengan kebenaran yang sempurna
Ber-antah logika yang harus kuterima
Logika dari fakta konsekuensi ujung hati yang ingin bicara
Tentang fakta, tentang realita yang kutemukan bersama cinta empunya Syurga
Bahasa kasih sayang dari keharuman Madinah

Di setiap pertarungan sisi hati yang ingin menyapa hidayah


Hidayah dari sebuah permata


Yang membakar batas peradaban dunia”


Atau lyric yang sarkasme cukup bisa memanaskan telinga di lagu Umur Umat Islam :
“Senjata paradigma paling ironis
Sejak peringatan bahaya merokok ada disetiap bungkus rokok
Dan MUI belum juga mengerti bahwa hak cipta adalah milik Alloh
Fatwakan ummat sekaligus membela selangkangan bill gates
Berapa lama lagi umur ummat Islam … “



Berikut ini link Download Lagu-Lagunya, GRATIS.... :

No comments:

Post a Comment